Langkah -Langkah Klasifikasi Supervised Citra Landsat 8


Metode klasifikasi dengan data penginderaan jauh  secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu tak terbimbing (unsupervised classification) dan terbimbing (supervised classification).
Klasifikasi terbimbing adalah klasifikasi yang dilakukan dengan arahan analis, dimana kriteria pengelompokkan kelas ditetapkan berdasarkan penciri kelas (class signature) yang diperoleh melalui pembuatan area contoh (training area).
Setelah melaksanakan interpretasi, langkah selanjutnya adalah melaksanakan klasifikasi. Adapun langkah-langkah klasifikasi adalah sebagai berikut:
1.      Buka file citra yang  di software ENVI 4.5

2.      Buka menu Basic Tools  > Region Of Interest > ROI Tool

3.      Setting Window dari Image ke Zoom, ROI_Type Sesuai Kebutuhan (Poligon,Polyline,Point, Rectangle,Elipse), dan jumlah dan warna #Region sesuai dengan jumlah dan jenis klasifikasi yang diinginkan

4.      Lakukan klasifikasi dengan menandai kelas-kelas yang dibutuhkan pada citra dengan cara klik kiri pada daerah yang akan di klasifikasi pada jendela zoom > bentuk klasifikasi > klik kanan untuk menutup klasifikasi.

5.      Pilih menu Classification > Supervised > Maximum Likelihood


6.      Pilih file citra yang akan diklasifikasikan > Ok > Pilih Select All Items > Pilih tempat Penyimpanan > Pilih OK > tunggu sampai selesai.

7.      Hasil Klasifikasi Supervised  Kab. Banyumas Tahun 2018 dengan menggunakan software Envi 4.5


Komentar

Postingan Populer